Thursday, July 5, 2018

Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah

Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan MudahAssalamualaikum Wr Wb, Hallo Kawan - kawan Hobbyku Desain | TrendingKita | Tutorial Desain Dan Blog, Pada Artikel yang kami buat dan juga anda baca kali ini dengan judul Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan Artikel Artikel Reviews, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan juga bermanfaat.

Download Kumpulan Wallpaper Mobile Legends di MasMochen

Judul Artikel: Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah
link : Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah

Baca juga


Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah

Dalam mengembangkan sebuah website yang lebih profesional kita memerlukan domain yang lebih profesional. Domain-domain ini beragam jenisnya dan dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu Root Level Domain, Top Level Domain (TLD), Second Level DOmain, dan third level Domain. Salah satu yang paling terkenal dan mungkin paling sering anda lihat pastinya domain .com yang merupakan salah satu jenis domain dari tingkatan domain TLD. Domain-domain ini bisa diperoleh di situs-situs penyedia domain dengan gratis maupun berbayar, misalnya saja situs niagahoster.



Harga-harga domain yang ditawarkan di niagahoster sangat murah jika dibandingkan penyedia domain yang lain. Hal ini saya lihat dari harga domain .com dan beberapa domain lain yang memang kebetulan saya cek harganya. Sementara untuk beberapa domain lain, kurang saya perhatikan, karena di situs ini sayangnya memang tidak tersedia tabel daftar harga domain. Sehingga kita harus cek satu persatu ketika kita ingin mengetahui masing-masing harga domain di niagahoster.

Cara mudah mengganti .blogspot.com menjadi domain .com di Niagahoster
Domain-domain yang kita beli dari situs penyedia domain dan hosting, bisa kita gunakan sebagai alamat web dari hosting yang kita miliki, maupun sebagai pengalih alamat seperti halnya mengalihkan alamat blog kita  di blogspot. 

Jika kita ingin mengubah alamat blog kita di blogspot, sehingga blogspot.com menghilang dan digantikan dengan domain lain semisal .com. Maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memiliki domain .com terlebih dahulu. Untuk panduan bagaimana membeli domain di niagahoster bisa anda baca pada artikel saya yang lain : Membeli domain di niagahoster. Setelah kita memiliki domain yang kita inginkan, maka langkah berikutnya cukup melakukan beberapa pengaturan di akun blogspot yang kita miliki dan beberapa pengaturan di akun niagahoster yang sudah kita beli. Saya sendiri lebih suka menyebut langkah-langkah ini sebagai tiga langkah besar, karena memang ada tiga langkah besar yang harus kita lakukan untuk melakukan pengaturan. Berikut adalah  langkah detail bagaimana mengganti domain blogspot.com menjadi domain .com di niagahoster.

Masuk Ke Pengaturan Blogspot
Masuk ke pengaturan blogspot adalah langkah pertama yang harus kita lakukan setelah kita membeli domain. Pada tahap ini kita bertujuan untuk memperoleh kode CNAME dari blog blogspot yang kita miliki, untuk kemudian kode-kode tersebut di masukan ke pengaturan domain  dari penyedia domain yang sudah kita percayai. Untuk memperoleh kode CNAME blog blogspot yang kita miliki, kita harus menuju Submenu "dasar" pada menu "setelan". perhatikan Gambar berikut :


Pada kolom penerbitan, klik link bertuliskan siapkan URL pihak ketiga. Kemudian masukan nama domain yang sudah anda beli pada kolom yang muncul. Kemudian klik simpan.


Setelah anda klik simpan, maka akan muncul pesan kesalahan. Sementara di bagian bawah akan muncul kode CNAME blog blogspot yang kita miliki. Kode inilah yang nanti akan sangat kita butuhkan di penyedia domain yang kita pilih.



Melakukan Pengaturan di Penyedia Domain Niagahoster
Hal-hal yang perlu kita atur di penyedia domain adalah Nameserver, DNS, serta CNAME Record yang sebelumnya sudah kita peroleh di blog blogspot yang kita miliki. Untuk mengatur beberapa pengaturan tersebut, silahkan anda login (masuk) ke akun niagahoster yang anda miliki. Pilih menu "produk & layanan" kemudian pilih "kelola" domain yang anda miliki.


Klik pada menu DNS Management. Lalu anda klik menu "Add New Record". Pada tahap ini kita akan menginputkan 4 buah IP Blogspot (IPV4) dan juga 2 buah kode Cname Record.


Isi Record Type dengan "A Record", Domain di isi dengan "@", TTL di isi dengan "14400" sementara alamat di isi dengan beberapa IP blogspot berikut ini, yang di masukan satu persatu : "216.239.32.21" "216.239.34.21" "216.239.36.21" "216.239.38.21" Jadi pada tahap ini anda melakukan empat kali penginputan dengan IP yang berbeda-beda setiap kali penginputannya.



Setelah kita selesai menginputkan ke empat IP di DNS Record, hal yang kita lakukan adalah memasukkan kode-kode CNAME yang dimiliki oleh blog blogspot kita. jika pada DNS Record kita memasukan hingga 4X, maka pada tahap ini kita melakukakn dua kali penginputan.

CNAME Pertama :

  • Record Type (pilih) : Cname
  • Domain (diisi) : www
  • Alamat (diisi) : ghs.google.com
  • TTL : 14400


CNAME Kedua :

  • Record Type (pilih) : Cname
  • Domain (diisi) : 2orl7p6hjpg
  • Alamat (diisi) : gv-4gsxy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com
  • TTL : 14400

Domain dan alamat yang diisi di atas hanyalah contoh. Gunakanlah domain dan alamat blog blogspot anda sendiri. Karena setiap blog memiliki kombinasi yang berbeda. setelah semua keperluan DNS Management di isi akan kita peroleh gambaran seperti berikut :


Setelah DNS Record dan CNAME selesai, maka hal berikutnya yang harus kita atur adalah Nameserver. Klik pada menu Nameserver kemudian pastikan bahwa nameserver yang domain kita miliki sudah seperti berikut :
Nameserver 1 : clie398657.mars.orderbox-dns.com
Nameserver 2 : clie398657.earth.orderbox-dns.com
Nameserver 3 : clie398657.venus.orderbox-dns.com
Nameserver 4 : clie398657.mercury.orderbox-dns.com



Jika DNS record, CNAME dan Nameserver sudah di atur, maka kita sudah siap untuk kembali ke submenu "dasar" di setelan blogspot yang kita miliki.

Kembali ke Pengaturan Blogspot
Setelah kita selesai melakukan berbagai pengaturan di niagahoster, maka kita perlu kembali ke pengaturan blogspot yang kita miliki. Hal yang perlu kita lakukan sebenarnya sama saja seperti apa yang kita lakukan sebelumnya di tahap pertama, yaitu memasukan nama domain yang sudah kita beli di submenu dasar di menu setelan blogspot, kemudian klik simpan. Nah, pada tahap ini, kita tidak akan menemukan pesan kesalahan seperti sebelumnya.



Setelah domain anda bisa tersimpan dengan baik, maka langkah tambahan yang harus anda lakukan adalah cek apakah URL blog anda bisa diakses dengan baik. Ketikan URL blog anda dengan nama domain baru anda tanpa embel-embel blogspot.com. Coba gunakan domain baru tersebut dengan dan tanpa www di depannya. Jika anda mengalami eror ketika mengetikan tanpa www, silahkan baca artikel saya yang lain di : Mengatasi Error 404



Demikianlah Artikel Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah

Demikian artikel Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah yang kami tulis kali ini, Semoga artikel diatas dapat memberi manfaat untuk anda semua yang membaca. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengganti .blogspot.com Menjadi TLD .com di Niagahoster dengan Mudah dengan alamat link http://hobbykudesign.blogspot.com/2018/07/cara-mengganti-blogspotcom-menjadi-tld.html
Download Kumpulan Wallpaper Mobile Legends di MasMochen


EmoticonEmoticon