Monday, December 19, 2016

7 Cara Mempercepat Loading Halaman Blog

Apa kabarnya gan ? Jumpa lagi dengan admin yang ganteng ini. di Blog kesayangan kita Hobbyku Desain Tempatnya tutorial desain grafis dan tips dan trick Blogging , Pada artikel ini saya akan membahas "7 Cara Mempercepat Loading Halaman Blog". Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi anda.


Cara Mempercepat Loading Halaman Blog

Loading pada halaman blog adalah salah satu hal yang terpenting yang mempengaruhi posisi blog anda pada SERP atau google search engine. Bila loading pada halaman blog anda tidak cepat (lelet) maka posisi blog anda pada search engine akan berada dibawah blog yang halaman dengan loading cepat.

Biasanya blogger yang masih awam atau pemula pasti selalu mementingkan suatu tampilan blog daripada mementingkan keringanan loading halaman blog, Sehingga halaman pada blog mereka menjadi lambat atau lelet dan menjadi susah diakses visitor.

Maka dari itu saya membuat artikel ini agar anda mengetahui cara agar loading halaman blog lebih enteng atau lebih cepat, dengan itu posisi SERP blog anda akan lebih baik, Untung - untungan bisa Posisi 1 di google search engine.

Beberapa hal yang saya sebutkan ini dapat memperlambat loading halaman pada blog anda diantaranya: Gambar, CSS, Javascript atau Jquery, Widget, dan masih banyak lagi. Biasanya blogger yang masih awam atau pemula menambah sebuah hal diatas secara berlebihan sehingga membuat loading halaman pada blog anda lambat.




Cara Mempercepat Loading Halaman Blog


Bagi anda blogger yang masih awam atau pemula bisa mengikuti cara saya ini agar loading halaman pada blog anda lebih cepat daripada loading pada blog anda yang sekarang, Berikut caranya.


1. Pakai gambar yang bersumber dari google gambar

Situs pengelola gambar google adalah suatu situs yang menyediakan gambar yang bisa anda download atau unduh secara gratis, Kecuali yang bercopyright, Gambar yang bercopyright tidak bisa didownload.

Jangan pakai urlnya saja ! maksudnya ? apakah anda pernah melakukan hal ini : search google gambar yang mau dibuat artikel > buka gambar dan copy url > paste pada artikel yang kita buat. pernah melakukan hal disamping? saya harap anda jangan melakukan hal ini, Karena loading pada gambar tersebut ikut google atau situs penyedia gambar. Apa yang harus anda lakukan ? Anda harus download gambar tersebut kemudian upload ulang pada artikel diblog anda, Sehingga gambar tersebut loading pada server blog yang anda miliki.

2. Compress gambar sebelum upload pada artikel

Sebelum anda upload gambar yang akan dijadikan pada artikel anda, Anda diharuskan meng-compress gambar tersebut. Kenapa? agar loading pada halaman blog anda lebih cepat, Kok bisa? Compress menurut istilah adalah mengecilkan suatu ukuran pada suatu gambar (istilah blog kali yak :v) jadi misal gambar yang akan anda upload berukuran 1MB setelah anda compress ukuran gambar anda dapat mengecil menjadi 200 - 300 KB.

Saya sarankan juga type file gambar yang anda upload adalah type "JPG" atau "GIF" karena type dua gambar tersebut memiliki ukuran yang kecil.

Untuk mencompress gambar anda bisa mengunjungi jpeg-optimizer.com, cara - caranya sudah ada pada situs tersebut.

3. Jangan pakai gambar untuk background blog anda

Blog lebih indah ? Iya, Blog Lebih cantik? iya. Namun blog anda akan menjadi lelet saat loading halaman. Saya harap anda jangan pakai gambar untuk mempercantik background blog anda.

4. Gunakan CSS atau JS compressed

Saat anda menggunakan CSS atau Javasript saya harap anda memakai yang sudah compressed, karena bila kode tersebut belum tercompress loading halaman pada blog anda bisa jadi lambat.

Library Javascript compressed kata terakhirnya biasanya adalah "min" contoh file_name_min.js sama juga seperti kode CSS, Gunakan kode tadi agar meringankan loading halaman pada blog anda.

5. 5 artikel pada halaman utama

Berilah 5 artikel saja pada halaman utama blog anda, bila anda menggunakan lebih dari 5 tak apa sih, Namun blog anda bisa menjadi lelet saat loading page.

Caranya buka Menu Layout > Main / Blog Post > Edit > Atur menjadi 5 artikel saja

6. Minimalisir widget

Widget memang penting untuk blog anda agar visitor mengetahui segala hal tentang blog anda, namun bila terlalu banyak menggunakan widget, Loading halaman pada blog anda bisa lambat.

Saran saya gunakan widget yang penting untuk blog anda, kalo bisa sih widget Top article saja.

Kenapa widget membuat loading halaman lambat? karena blog akan memproses semua widget yang anda pakai, dan proses tersebutlah yang membuat loading halaman pada blog anda mejadi lambat.



7. Batasi penayangan iklan

85% Blogger membuat blog mereka monetisasi dengan cara memasang iklan pada blog mereka atau bisa dibilang Publisher. Bila anda seorang publisher maka anda harus membatasi penayangan iklan pada blog anda.

Gunakan 1-2 saja untuk iklan banner, Iklan banner berbentuk gambar, Gambar bisa memperlambat loading halaman blog, jadi bila anda membuat atau memasang iklan terlalu banyak maka loading halaman pada blog anda akan semakin berat atau lambat.


Saya sarankan untuk blog berumur 7 Bulan kebawah untuk tidak memasang 1pun iklan, Kenapa? karena bila loading halaman di blog anda cepat maka posisi blog anda pada SERP menjadi tinggi, Saat posisi tersebut tinggi visitor pasti akan banyak berdatangan, Saat itulah anda memasang iklan + posisi SERP anda sudah tinggi.

8. Gunakan Google page speed

Google speed adalah situs yang dapat kita gunakan untuk mengecek kecepatan loading halaman pada blog kita, Menurut saya google page speed ini adalah situs yang sangat berguna, Selain mengecek situs ini juga mengatasi apa yang membuat loading halaman blog menjadi lelet.

Untuk yang ingin menggunakan google page speed, Bisa klik disini.

semoga dengan cara - cara diatas loading halaman pada blog anda semakin cepat dan menguasai posisi SERP.

Sekian artikel "7 Cara Mempercepat Loading Halaman Blog" Ini, Bila artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi anda, Tolong share kemanapun agar bermanfaat juga bagi orang lain.


EmoticonEmoticon